Ciri-ciri kerusakan pada beberapa bagian perangkat laptop

Ciri-ciri Kerusakan umum pada sebuah perangkat Laptop

1)   Jika Power Supply atau Adaptor mulai rusak atau mati
1.Perubahan Fisik
Pada umumnya, perubaan fisik pada baterai laptop yang rusak tidak seperti baterai hand phone yang sering membengkan saat mengalami kerusakan. Namun, saya pernah mengalami beberapa kasus bahwa baterai laptop juga bisa mengalami pembengkakan.

Seingat saya, pernah dua kali saya mengalami kasus seperti ini. Salah satunya ketika itu, ada pelanggan toko tempat saya bekerja yang datang dan mengeluh baterai laptopnya bengkak. Setelah saya periksa ternyata benar bahwa baterai laptop tersebut mengalami pembengkakan. Bahkan, saking bengkaknya sanga sulit untuk dikeluarkan dari laptop tersebut. Menurut pemiliknya, awalnya laptop dipakai sambil di charger. Namun setelah laptop selesai dipaka ia lupa untuk mencabutnya sampai pagi. Ketika diperiksa, ternyata baterai sudah membengkak.

2. Perubahan Daya Simpan
Ini adalah masalah yang pasti terjadi, apabila battery/baterai laptop Anda mulai mengalami kerusakan. Biasanya, gejala awal baterai akan cepat sekali penuh saat diisi. Pada kondisi kosongpun, hanya butuh hitungan menit untuk membuatnya full 100%.

Namun sebaliknya, ketika dipakai tanpa colok charger, daya baterai cepat sekali mengalami penurunan. Misalnya sekarang 100%, beberapa detik kemudian langsung anjlok 95%, dan terus anjlok seperti itu. Dari kondisi 100% hingga benar-benar kosong, mungkin hanyabutuh waktu sekitar 10 menit saja. Yang jelas baterai cepat sekali kosong kosong dibanding saat pertama kali membelinya.

3. Pengisian yang tidak sempurna
Maksud saya tentang pengisian tidak sempurna adalah pengisan yang tidak pernah selesai hingga full 100%. Biasanya jika di charging, persentase baterai hanya bertahan dibawah 100%, dan tidak mau naik lagi meskipun di charging selama berjam-jam.

Bahkan saya pernah mendapatkan kasus beberapa baterai, jika di charging hanya bertahan di 14% atau 65% saja. Namun setelah baterai dicabut dan dipasang kembali, pengisian bisa berjalan normal hingga 100%. Akantetapi setelah baterai low dan ingin di charging kembali, masalah masih sama dan harus cabut pasang lagi agar pengisian bisa sempurna 100%. Kebanyakan masalah ini terjadi pada baterai imitasi alias KW.

4. Battery/baterai Tidak Mau Mengisi Dan Menyimpan Daya Lagi

Ketika baterai Anda tidak lagi mengisi, itu pertanda bahwa terjadi kerusakan total pada baterai tersebut. Biasanya jika di charger dan kemudian charger dilepas, laptop akan langsung mati meskipun pengisian daya sebelumnya dalam waktu yang cukup lama.

5. Indikator
Tanda-tanda lain bahwa baterai benar-benar rusak adalah munculnya tanda silang warna merah pada indikator baterai di windows. Jika di klik, muncul peringatan "battery not detected" atau "replacing your battery". Jika dalam keadaan di charger, kemudian indikator yang tersilang merah tadi di klik, akan muncul peringatan "not charging".

Catatan: Tidak semua dari beberapa tanda tersebut seperti "not charging", "battery not detected" atau tanda silang warna merah , atau dicabut charger langsung mati, menunjukkan bahwa baterai benar-benar rusak. Saya pernah mendapatkan beberapa kasus bahwa yang menjadi penyebab adalah adanya kerusakan di mainboard, sehingga menyebabkan baterai tidak terdeteksi dan kemudian muncul peringatan-peringatan seperti itu. Dalam hal ini walaupun baterai diganti yang barupun masalah pasti masih sama. Saya juga pernah mendapatkan masalah baterai bisa mengisi sempurna, dan tidak ada tanda-tanda peringatan apapun. Namun ketika di cabut charger, laptop langsung mati meskipun daya baterai dalam keadaan penuh. Setelah di perbaiki mainboard tersebut, semuanya menjadi normal kembali. Sumber             : http://abang-palu.blogspot.com/2014/05/ciri-ciri-batterybaterai-laptop-yang.html

2)   Jika RAM mati atau tidak berfungsi
3)      1. Berbunyi apabila ingin mengganti booting
2. Berbunyi apabila mengganti slot
3. Pada kipas berbunyi “krek krek krek”
4. Komputer jadi sering restart sendiri
5. Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
6. RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.
4)      Cara mengecheck RAM yang rusak
1. Clear Cmos (mengembalikan bios ke default) dengan jumper Cmos atau copot baterai Cmos
2. Cek kabel dari monitor terpasang betul terpasang betul di vga port ato kaga
5)      Memperbaiki RAM yang Rusak
Bunyi beep yang timbul ketika RAM bermasalah biasanya bunyi beep panjang 3x, tapi tergantung dengan kompi saudara. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menyembuhkan RAM yang tidak terdeteksi oleh PC adalah dengan cara membersihkan RAM yang tidak bisa dipakai tersebut dengan menggunakan penghapus pensil, tentu kalian sudah pada tau kan penghapus pensil, yaitu bahan yang terbuat dari karet. Gunanya untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada kaki RAM (gold finger) sehingga arus dapat berjalan dengan baik. Bila anda tidak mempunyai penghapus pensil anda dapat menggunakan kain, dengan cara digosok-gosokan sampai bersih, bila perlu gunakan minyak pembersih khusus yang sering digunakan oleh tukang servis komputer atau bisa juga menggunakan thiner. Nah, sekarang RAM tadi sudah bersih…Selanjutnya tinggal dipasang kembali ke slot memory yang ada di mobo, sekarang coba tekan tombol power. Bila belum juga berhasil, sekarang coba anda siapkan avometer beserta baterenya. Tujuan kita selanjutnya adalah untuk menstimulasi RAM tersebut agar bangun kembali dengan cara mengalirkan listrik. Caranya arahkan skala ohm ke 1K, 10K, 100K, dll pokoknya terserah anda, letakkan ujung kabel yang berwarna hitam (-) ke salah satu kaki RAM (gold finger) dan kabel yang berwarna merah (+) digosokkan di kaki IC atau chipset yang terdapat di RAM biasanya berjumlam 8. Sekarang coba pasang kembali RAM tadi. Kalo tetap tidak bisa, sudah…Lho jadikan saja barang musium/museum.
Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips tentang trik Cara memperbaiki ram rusak / memory PC (SDRAM , DDRAM) yang sudah anda anggap mati (asal tidak mengalami kerusakan fisik yang parah ,misalnya terbakar atau hancur/patah), karena biasanya menurut yang saya lihat bila memory sudah di nyatakan mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi komputer maka biasanya langsung saja di ganti dengan membeli memory yang baru, padahal masih ada kemungkinan memory tersebut di bikin hidup atau berfungsi lagi.
6)      Berikut ini saya punya tips untuk menangani memory yang sudah di anggap mati tersebut berdasarkan pengalaman selama menggeluti dunia hardware , dengan akurasi dia atas 70 %, jadi misalnya anda memiliki 10 keping memory mati maka ada kemungkinan 7 keping masih bisa di selamatkan…cukup lumayan kan.? kita bisa menghemat uang beberapa ratus ribu utntuk perkepingnya.
Ok, langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah Avometer.
1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
4. Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!
Note:
Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di
perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi….atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum..dsb
3)   Jika Harddisk Mati atau tidak terdeteksi
  1. Sering terjadi crash tapi tidak beraturan, terutama saat boot up Windows.
  2. Pesan kesalahan yang sering dan samar ketika melakukan kegiatan khusus seperti memindahkan file.
  3. Nama Folder dan file yang menjadi scrambled dan berubah.
  4. Hilangnya file dan folder tertentu.
  5. Menunggu sangat lama untuk mengakses folder dan file.
  6. Hard disk tidak bereaksi untuk waktu yang lama setelah Anda meminta data dengan membuka file atau folder.
  7. Output yang kacau dari pencetakan atau file terbuka.
  8. Muncul bunyi (semacam denging) yang sangat bising dalam Hard drive.
ATAU
  1. Kinerja Hard Disk Lemot (Lambat)
    Masalah ini paling sering dialami oleh semua orang. Booting awal untuk masuk ke OS memakan waktu lama, bahkan ketika sudah masuk di OS pun masuk harus menunggu lagi. Hal ini bisa di sebabkan banyak hal seperti, Program startup terlalu banyak, adanya virus, OS bermasalah, dan lain lain.Untuk itu cobalah melakukan pengaturan ulang terhadap program yang ada, install anti virus yang terupdate kemudian scan. Jika masalah masih tetap berlanjut ada baiknya melakukan install ulang OS. Apabila setalah install ulang dilakukan dan masalah masih tetap sama kemungkinan besar Hard Disk memang bermasalah. Pada waktu proses install ulang pun jika memakan waktu tidak wajar (di atas 45 menit) juga menandakan ada yang tidak beres di Hard Disk.
  2. Blue Screen of Death
    Sama halnya di atas Blue Screen of Death merupakan kode error yang berfungsi untuk mengetahui dimanakah letak error terjadi dan sebagian besar berhubungan dengan Software.Pada waktu akan memasuki sistem operasi apabila terjadi blue screen cobalah untuk memasuki mode safe mode Windows. Jika pada safe mode tidak terjadi blue screen kemungkinan besar hanya ada masalah di program yang crash atau virus. Jika masih tetap blue screen coba lakukan install ulang OS dan pergantian RAM, bila blue screen masih tetap terjadi kemungkinan besar Hard Disk ada masalah.
  3. Bunyi dari Hard Disk terlalu keras dan aneh.
    Hard Disk merupakan hardware yang salah satu partnya terdapat piringan yang berputar. Otomatis Hard Disk akan mengeluarkan suara dikarenakan perputaran piringan sedang bekerja untuk melakukan proses read/write data. Namun bila suara yang dikeluarkan teralu keras dan muncul bunyi seperti “crek…crek…crek” biasanya disertai dengan kinerja Hard Disk menjadi lambat, menjadi salah satu tanda Hard Disk akan rusak.
  4. Stuck pada awal booting.
    Ketika laptop atau pc dinyalakan dan pada layar pertama langsung hang / stuck kemungkinan besar disebabkan Hard Disk yang memang bermasalah. Di laptop maka akan tertahan proses booting pada logo vendor. Untuk mengetestnya bisa dengan cara melepas Hard Disk, jika setelah dilepas kinerja pc / laptop lancar dipastikan Hard Disk rusak. Hal ini paling sering terjadi pada pengguna laptop.
  5. Hard Disk tiba-tiba “hilang”.
    Pada saat menyalakan laptop / pc tiba-tiba tidak bisa melakukan booting. Setelah di cek pada bios Hard Disk tidak muncul atau hilang. Namun setelah di restart beberapa kali Hard Disk muncul lagi dan booting secara normal.
Apakah hal ini juga pertanda Hard Disk bermasalah? Yup betul sekali namun sebelum itu lakukan beberapa pengecekan. Pada pengguna pc cek pada cable Hard Disk apakah sudah tertancap dengan benar atau belum, kalau perlu coba ganti dengan cable yang lain untuk memastikan masalah masih terjadi atau tidak. Pada pengguna laptop jika letak Hard Disk mudah untuk dibongkar sendiri coba lakukan reconnect Hard Disk (Cabut HDD kemudian pasang kembali) jika sulit untuk melakukan pembongkaran sendiri jangan dipaksa lebih baik diserahkan di Service Center terdekat.

4)   Jika Mainboard rusak atau tidak berfungsi

  1. Jika keSering terjadi hang
Penyebab :
a     Memory tidak cocok
b     Ada virus di harddisk
c      Over Clock
d     Ada bad sector di harddisk
e     Software mengalami crash
f       Hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
g     Konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
Solusi :
a     Ganti Memori
b     Scan harddisk
c      Seting kembali clock prosesor
d     Partisi harddisk dengan benar
e     tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding”
f       install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda
g     alankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel
  1. Pembacaan data menjadi lambat
Penyebab :
a     Memory tidak cukup
b     Harddisk penuh atau ada virus
Solusi :
a     Tambah Memory
b     Kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau  ganti dengan harddisk yang kapasitasnya besar
  1. CMOS failure
Penyebab :
a     Baterai habis
b     Seting BIOS berubah
Solusi :
a     Ganti baterai CMOS
b     Seting kembali BIOS
  1. Tidak bisa booting
Penyebab :
a     Cache memory rusak
b     Memori tidak cocok.
c      Boot sector pada harddisk rusak
d     Ada bad sector pada trek awal harddisk
Solusi :
a     Disable eksternal cache memory di BIOS
b     Ganti Memory
c      Masukkan operating system baru
d     Partisi harddisk
  1. Suara bip panjang berkali-kali
Penyebab :
a     Memory rusak
b     Memori tidak cocok
c      Memori tidak masuk slot dengan sempurna
Solusi :
a.   Periksa kedudukan memori
b.   Ganti memory
c.   Periksa kembali kedudukan memori
  1. Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan atau bip dua kali
Penyebab :
  1. VGA card rusak
  2. Slot VGA tidak terpasang sempurna
Solusi :
a.   Ganti VGA card
b.   Periksa kedudukan VGA
  1. I / O disk error
Penyebab :
  1. Sistem di harddisk rusak
Solusi :
a.   Perbaiki harddisk
  1. Floppy disk failure
Penyebab :
a.   I/O rusak
b.   Floppy rusak
c.   Kabel floppy putus
d.   Tegangan power suplai tidak cukup
Solusi :
a.   Ganti I/O
b.   Periksa floppy
c.   Periksa kabel floppy
c.   Periksa tegangan power suplai ke floppy
9.   Motherboard mereset sendiri atau booting terus
Penyebab :
  1. Power suplai tidak normal
  2. Motherboard kotor (berdebu)
Solusi :
a.   Ganti power suplai (dengan daya yang lebih besar)
b.   Bersihkan
Kenali terlebih dulu bunyi beep
Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory
Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card
Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video
Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll
10. Kapasitas harddisk tidak normal
Penyebab :
a.   Setting jumper I/O tidak benar
Solusi :
a.   Periksa setting jumper I/O harddisk
11.    On board tidak jalan
Penyebab :
On board rusak
Setting on board tidak benar
Solusi :
a.   Ganti dengan card
b.   Periksa setting on board
12. Tampilan di layer ada huruf yang berkedip-kedip atau muncul garis
Penyebab :
VGA card rusak
Solusi :
a.   Ganti VGA card
13. Mouse tidak berfungsi
Penyebab :
a.   Mouse rusak
b.   On board mouse rusak
c.   Setting mouse tidak benar
d.   Driver mouse tidak cocok
e.   Mouse tidak terdeteksi
f.    Kabel mouse tidak sesuai
Solusi :
a.   Ganti mouse
b.   Ganti dengan card
c.   Periksa kembali setting mouse
d.   Periksa driver mouse
e.   Set up ulang mouse
f.    Cocokkan kabel mouse untuk on board
Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer
Solusi :
a.         cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar
jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.
coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.
Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat
15. Motherboard blank (tidak ada reaksi sama sekali)
Penyebab :
Bios rusak
Prosesor terbakar
Regulator jebol
Chipset rusak
IC reset rusak
IC clock rusak
Setting jumpers over clock
Memori rusak
Power Suply mati
Soket PC longgar
Solusi :
Upgrade BIOS dengan tipe yang sama
Ganti prosesor
Ganti IC regulator
Ganti IC chipset
Ganti IC reset
Ganti IC clock prosessor
Setting kembali clocknya
Ganti memori
Periksa PS
Periksa slot/ soket PC
Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC)
Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer
Cek kabel power pada CPU
Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB
16. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)
Solusi :
a.   restart kembali komputer anda
b.   jika masih trouble intall ulang windows anda
c.   jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah cek dengan : scan disk
Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat
Solusi :
a.   mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse)
Komputer Sering Crash
Solusi :
a.   cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga
Bila Produsen MetherBoard(MB) Tidak Diketahui
Solusi :
buka casing, dan cek CPU anda biasanya sebuah MB memiliki label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Mbnya.
Lihat pada manual book
Cari data Mb lewat internet, cocokan ID yang tercetak pada sticker board denan daftar yang terdapat pada situs http://www.fcc.gov/oet/fccid, dan cari daftar nomor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektonik di Amerika
Gunakan software analisa, seperti sandra99 dll
Lupa Password BIOS
Solusi :
Cabut batterey cmos pada cpu
Atau dengan cara mencoba menebak berapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)
Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah
Penyebab :
a.   batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati)
Solusi :
a.   ganti dengan batteray yang baru
Menambah Perangkat Hardware Baru, Tapi Tidak Terdeteksi Oleh BIOS
Solusi :
a.   Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda (bisa download melalui internet, mis : http://www.windrivers.com)
Melacak Kerusakan Card Pada MB
Solusi :
cobalah denganmencabut dan menancapkan beberapa card pada MB anda
jika booting berhasil maka card anda tidak bermasalah begitu jua sebaliknya
Pasang Processor Baru Tapi Tidak Terdeteksi
Solusi :
cek apakah anda sudah memasang processor denan benar
cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda priksa pada manual booknya)
Crash Setelah Memasang RAM Baru
Solusi :
a.   kemungkinan ram yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut ram tersebut)
Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi
Solusi :
Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya
Pastikan slot yan dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.
Sound Card Baru Tidak Terdeteksi
Solusi :
Crash dengan saounda card yang lama
cek pada manual booknya, apakah soundcard on boardnya perlu dimatikan atau tidak jika hendak menginstall ulang soundcard yan baru (biasanya bisa dimatikan lewat jumper atau bios)
Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan
Solusi :
masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang dininkan
Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai Keinginan
Solusi :
masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
Tekan tab setting dan dan atur ukuran tampilan sesuai dengan keinginan (pada screean area)
Tampilan Tiba-Tiba Rusak Dan Komputer Manjadi Hang
Solusi :
a.   dikarenakan suhu (pada VA card) sangat panas
Monitor Menjadi Gelap Saat Loading Windows
Solusi :
kemungkinan disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat (setting frekuensinya terlalu tinggi)
masuk dulu ke dalam kondisi safe mode (tekan F8)
install ulang driver VGAnya
Monitor Tidak Mau Nyala
Solusi :
pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok
pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA
pastikan juga VGA card anda ok
Virtual Ram
Solusi :
klik kanan icon My computer, pilih propertis, kemudian pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY
pilih item let me specify my own virtual memory setting (pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory)
klok OK
Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin Lambat
Solusi :
a.   perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64 MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat
Kerusakan Monitor
]
1. Periksa hubungan kabel power pada monitor, perhatikan apakah lampu indikafornya menyala. Setelah itu periksa hubungan kabel data pada port video out apakah sudah terhubung dengan benar. Matikankomputer dan amati, apakah ada kilatan cahaya pada monitor yang menandakan adanya kesalahan pada main unit komputer. Sedangkan jika tidak terdapat kilatan tersebut, maka kemungkinan kerusakan memang pada monitor.
2. Satu lagi kemungkinan untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada monitor yaitu dengan cara monitor dihidupkan, dan kemudian atur posisi brightness dan contrast posisi maksimum. Jika layar monitor tampak putih terang, kemungkinan monitor tidak rusak.
3. Selanjutnya periksa display adapter, beberapa komputer atau mainboard akan memberi tanda berupa bunyi bip pada speaker, yaitu biiip….bippp…bip…bip…bip (satu kali panjang diikuti tiga kali pendek) jika terdapat kerusakan pada kartu display adapter dan bip… (satu kali pendek) yang menunjukkan display adapter berfungsi normal.
4. Pastikan kerusakan pada monitor atau display adapter untuk melakukan perbaikan dengan benar. Untuk kerusakan pada monitor, gunakan jasa teknisi. Sedangkan perbaikan display adapter dapat dilakukan dengan mencoba membetulkan pemasangan display adapter pada slot ekspansi atau menggantinya jika display adapter rusak.
Tampilan mengecil.
• Cari tombol pengatur vertical size untuk mengatur lebar tampilan secara vertikal dan tombol horizontal size untuk mengatur secara horizontal, jika tidak ada perubahan maka terdapat kerusakan pada rangkaian elektronik pada mointor tersebut.
Tampilan berjalan atau menggulung.
• Coba hentikan dengan menggunakan tombol V-hold (Vertical hold) dan H-hold (Horizontal hold) pada monitor.
Tampilan semakin terang atau semakin kabur.
• Biasanya timbul karena komponen flyback trafo pada monitor rusak. Jika hal ini yang terjadi, gunakan jasa teknisi untuk melakukan perbaikan atau penggantian.
Warna Tertentu menghilang.
Sumber                                :  1nuy4s4.wordpress.com/ciri-ciri-kerusakan-dan-solusi-pada-motherboard

5)   Keyboard rusak atau mati
1. Tombol Keyboard Eror atau Tidak Berfungsi
Ciri-Ciri :
1. Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi
2. Tombol seperti tertekan terus.
3. Terdengar bunyi beep yang panjang seperti tombol tertekan terus.
4. Biasanya pas mau menyalakan harus menekan salah satu huruf 
Solusi :
1. Lepas semua sambungan energinya (carger dan battrai, kalau gak di lepas bisa merusak komponen yang lain)
2. Lepas keybord dari laptopnya
3. Lepas semua tombol keybord (hati-hati jangan sampai kaki2nya patah apalagi sampai hilang. kalau sobat pelupa mending foto dulu aja keybordnya biar tidak lupa. hee :)
4. Setelah semua lepas semprot dengan hair dryer secara merata. beri semprotan lebih pada tombol yang error.
5. Setelah selesai pasang kembali Keyboard Laptop/NoteBook
Jika Belum berfungsi dengan baik, anda bisa membersihkan debunya/kotoran keyboard dengan Kuas/air/alkohol dan keringkan dulu.
Tombol Keyboar Tidak Berfungsi sama Sekali
Ciri-ciri :
1. Tombol Tidak Berfungsi sama sekali
2. Bahkan Lampu Num Lock dan Caps Lock tidak hidup
3. Tombol Keyboard Macet-macetan/Tidak Normal

Solusi :
1. Lakukan Langkah pada permasalahan No 1 hinbgga tuntas
2. Coba bersihkan dengan Air/Alkohol dan keringkan dulu hingga benar-benar kering.
3. Perhatikan Tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (Colokan Keyborad) tidak berfungsi dengan baik.
4. Coba Restart Komuter/Laptop anda terlebih dahulu.

Jika Ketiga Trik di atas tidak berhasil, lebih baiknya anda beli keyborad yang baru/perbaiki ke tempat service terdekat. jika ada tambahan trik dan tips silahkan tinggalkan komentar anda.
Sumber                :


6)   Jika Sound rusak atau mati
1.Tidak keluar suara sama sekali
2. Suara yang keluar dari spekaer kurang bagus. terdengar bergemam.
3. kadang-kadang drivernya tidak bisa diupdate atau di rensitall driver sound card nya
SOLUSI

1. Cek apakah sound card terhubung
dengan benar, lewat device manager
aja. Caranya klik kanan "My
Computer", trus pilih contex menu
"Manage", terus di jendela "Computer
Management" pilih "Device Manager". 2. Periksa ada device SoundCard
nggak? Kalo ngga ada berarti
koneksinya ngga beres (bisa rusak
atau longgar soketnya atau kotor).
Coba cabut soundcard, bersihkan
soket dan kaki2 soundcard, terus tancep lagi.
3. Kalo ada device soundcard tapi
ditandai dengan tanda tanya (?) atau
tanda seru (!) berarti soundcard
terdeteksi tapi drivernya crash. Install
ulang drivernya! 4. Kalo ada device soundcard dan
tidak ada tanda apa2, mungkin jack
outputnya rusak/kotor/longgar.
7)   Jika LCD rusak atau mati
4)      1. Biasanya lcd menjadi redup alias buram / tampilan gbr agak gelap
2. Kalau laptop kondisi hidup lcd digerakkan buka tutup gambar agak goyang / berubah.
3. Adanya panas yg tidak normal pada bagian inferter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)

Untuk memastikan bahwa inferter yg rusak bisa dilakukan langkah-langkah :
1. Sambungkan Laptop dengan monitor CRT / LCD biasa.
- Jika gambar bisa tampil normal ke layar monitor, berarti kemungkinan inverternya saja yang rusak bukan pada LCD.
- Apabila tampilan di layar monitor gambar pecah2 atau ikut goyang berarti vga onboardnya yg bermasalah. Jadi jangan terjebak untuk segera mengganti LCD.
- Untuk memastikan adalah dengan mencoba membuka cover depan LCD, lepaskan kabel inferter lalu pasang kembali. Masih error nggak ?
2. Cek Inverter
Untuk mengecek inverter secara manual biasanya dilakukan dengan cara memasang inverter kita pada laptop lain yang sama atau menggunakan inverter yang sama, contoh memasang inverter acer 4730 ke 4710 atau 4715
3. Cek Flexyble Cable "cable yang menghubungkan LCD dengan inverter dan Mainboard pada laptop"

Cek Kerusakan LCD pada laptop biasanya dilakukan dengan 3 cara diatas, jika langkah pertama tidak ada masalah biasanya kerusakan terjadi pada Inverter dan Flexyble Cable dan, Jika ketiga langkah diatas LCD Laptop masih blank kemungkinan kerusakan pada mainboard anda..Jika anda tidak bisa melakukan ketiga langkah diatas silahkan menuju service Center terdekat anda

Permasalahan LCD LAPTOP dan Inverter Nya ????
Permasalahan LCD pada Laptop sangatlah signifikan,selain konstruksi LCD yang terintegrasi dalam tabung liquite yang dirancang sangat tipis dan rentan,LCD component sircuit(PCB) juga dibuat dari bahan yang sangat tipis dan rentan.....sehingga peluang untuk memperbaiki/service sangatlah kecil...
Ada beberapa kerusakan pada Lcd yang disebabkan bukan oleh Lcd itu sendiri,tetapi disebabkan oleh koneksi pendukung,power,cable,conector,Lcd back light,Lcd inverter atau induksi maupun gismo yang terjadi pada componen ataupun cable Lcd....
Berdasarkan study kasus yang sering terjadi,ada beberapa langkah analisa kerusakan Lcd yang dapat anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk mengganti Lcd Laptop anda.....
1. Layar blank putih (sering terjadi pada Acer 3680series,4520series,2920series)
Gejala ini tampaknya memang seperti gejala Lcd yang bocor. Tetapi juga dapat terjadi akibat induksi maupun gismo yang terjadi pada conector Lcd.
Penanganannya :
· Buka frame Lcd (biasanya 4baut utama dan 2 baut camera) lepaslah perlahan, perhatikan klip fram yang ada disekeliling frame..
· Sebaiknya pada saat membuk frame di cungkil menggunakan kuku(tidak menggunakan benda tajam dan keras)...buka baut sasis lcd ...biasanya 3 di sisi kanan dan 3 di sisi kiri.
· Lepaskan conector cable camera.keluarkan Lcd dari sasis dengan merebahkannya tertelungkup pada laptop keyboard. Diberi alaslah keyboard dengan kain/kertas untuk menghindari goresan pada layar..kemudian lepaskan seltip pengunci cable conector pada bagian belkang LCD. Cabut conector perlahan,kemudian pasang kembali (pelepasan dan pemasangan conector dapat membuang indiksi atau gismo pada terminal cable conector)...hidupkan laptop
jika tahapan tersebut diatas tidak berhasil cobalah tahapan tersebut pada conector LCD cable yang terdapat pada motherboard dengan cara membuka cover pada bagian atas keyboard
khusus untuk merk axioo terutama m54 series...kerusakan pada camera dapat berpengaruh pada Lcd karena interface yang digunakan untuk power camera diambil dari pembagian power dari lcd pada motherboard..
2. LCD blur/permanen ataupun apabila flip/laptop bergerak Lcd blur/tampilan pecah2
Gejala tersebut diatas sering terjadi pada Axioo M54 series..ini bukanlah kesalahan pada Lcd tetapi terjadinya pemuaian jalur pada conector lcd yang terdapat di motherboard atau pada IC swiching Lcd size setting(perhatikan ada swich controll pengaturan ukuran lcd di sebelah kiri atas dibawah keyboard)
Penanganan : Memberi bantuan koneksi pada jalur yg rusak(cable jumper) atau mengganti ic swiching untuk pengaturan Lcd size controler.
3. LCD goyang apabila flip/cover bergerak
Gejala ini dapat disebabkan terjadinya kelonggaran pada kabel,conector ataupun adanya cable yang terjepit(biasanya pada engsel). Pergeseran engsel pada kabel yang tidak duduk pada jalurnya dapat mempergenting cable, sehingga ketika flip/engsel bergerak.. perenggangan/pengencangan terjadi pada cable..atau slot conector sudah longgar/aus diakibatkan perengangan/pengencngan kable tadi.
Penanganan : melakukan penggantian cable,conector atau tetap memnggunakan kable yang lama tapi cukup dengan meriposisi cable pada jalur yang sudah tersedia,menghindarkan cable terjepit pada casing pada saat penguncian baut casing.
4. Back light mati (gelap..sementara bios/window membayang)
Gejala ini disebabkan Back light /neon Lcd tidak menyala.Bisa diakibatkan Lcd neon yang putus,terputusnya koneksi power,inverter tidak berfungsi atau power support untuk inverter tidak memadai....
Pertama-tama lakukan analisa power support untuk inverter dengan menggunakan multitester,aturlah settingan dc power pada multitester untuk 10v..jadikan apa saja elemen besi pada sasis laptop untuk ground.letakkan kabel penguji(hitam)..kemudian kabel penguji power(merah)pada terminal conector inverter..jika anda menemukan tegangan lanjutkan pengujian inverter dengan menguji tegangan yang sudah di step upoleh inverter pada conector neon lcd.jika tidak permasalahan datang dari motherboard support power untuk inverter(cek fius f1/ic swiching atau spliter power)note:autorized technician only..jika anda menemukan tegangan..sudah pasti Lcd neon yang bermasalah,jika tidak anda perlu mengganti inverter(berfungsi sebagai balast/steo up power untuk back light)
5)      Permasalahan LCD pada Laptop sangatlah signifikan,selain konstruksi LCD yang terintegrasi dalam tabung liquite yang dirancang sangat tipis dan rentan,LCD component sircuit(PCB) juga dibuat dari bahan yang sangat tipis dan rentan.....sehingga peluang untuk memperbaiki/service sangatlah kecil...

Ada beberapa kerusakan pada Lcd yang disebabkan bukan oleh Lcd itu sendiri,tetapi disebabkan oleh koneksi pendukung,power,cable,conector,Lcd back light,Lcd inverter atau induksi maupun gismo yang terjadi pada componen ataupun cable Lcd....
Berdasarkan study kasus yang sering terjadi,ada beberapa langkah analisa kerusakan Lcd yang dapat anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk mengganti Lcd Laptop anda.....

-Layar blank putih (sering terjadi pada Acer 3680series,4520series,2920series)

Gejala ini tampaknya memang seperti gejala Lcd yang bocor.tapi juga dapat terjadi akibat induksi maupun gismo yang terjadi pada conector Lcd..
Penanganannya :Buka frame Lcd (biasanya 4baut utama dan 2 baut camera)lepaslah perlahan,perhatikan klip fram yang ada disekeliling frame..sebaiknya pada saat membuk frame di cungkil menggunakan kuku(tidak menggunakan benda tajam dan keras)...buka baut sasis lcd ...biasanya 3di sisi kanan dan 3 di sisi kiri.lepaskan conector cable camera.keluarkan Lcd dari sasis dengan merebahkannya tertelungkup pada laptop keyboard.alaslah keyboard dengan kain/kertas untuk menghindari goresan pada layar..kemudian lepaskan seltip pengunci cable conector pada bagian belkang LCD.cabut conector perlahan,kemudian pasang kembali(pelepasan dan pemasangan conector dapat membuang indiksi atau gismo pada terminal cable conector)...hidupkan laptop
jika tahapan tersebut diatas tidak berhasil cobalah tahapan tersebut pada conector LCD cable yang terdapat pada motherboard dengan cara membuka cover pada bagian atas keyboard
khusus untuk merk axioo terutama m54 series...kerusakan pada camera dapat berpengaruh pada Lcd karena interface yang digunakan untuk power camera diambil dari pembagian power dari lcd pada motherboard..

-Lcd blur/permanen ataupun apabila flip/laptop bergerak Lcd blur/tampilan pecah2
Gejala tersebut diatas sering terjadi pada Axioo M54 series..ini bukanlah kesalahan pada Lcd tetapi terjadinya pemuaian jalur pada conector lcd yang terdapat di motherboard atau pada ic swiching Lcd size setting(perhatikan ada swich controll pengaturan ukuran lcd di sebelah kiri atas dibawah keyboard)
Penanganan : Memberi bantuan koneksi pada jalur yg rusak(cable jumper) atau mengganti ic swiching untuk pengaturan Lcd size controler.

-Lcd goyang apabila flip/cover bergerak
Gejala ini dapat disebabkan terjadinya kelonggaran pada kabel,conector ataupun adanya cable yang terjepit(biasanya pada engsel).pergeseran engsel pada kabel yang tidak duduk pada jalurnya dapat mempergenting cable,sehingga ketika flip/engsel bergerak..perenggangan/pengencangan terjadi pada cable..atau slot conector sudah longgar/aus diakibatkan perengangan/pengencngan kable tadi.
Penanganan : melakukan penggantian cable,conector atau tetap memnggunakan kable yang lama tapi cukup dengan meriposisi cable pada jalur yang sudah tersedia,menghindarkan cable terjepit pada casing pada saat penguncian baut casing.

-Back light mati(gelap..sementara bios/window membayang)
Gejala ini disebabkan Back light /neon Lcd tidak menyala.bisa diakibatkan Lcd neon yang putus,terputusnya koneksi power,inverter tidak berfungsi atau power support untuk inverter tidak memadai....
Pertama-tama lakukan analisa power support untuk inverter dengan menggunakan multitester,aturlah settingan dc power pada multitester untuk 10v..jadikan apa saja elemen besi pada sasis laptop untuk ground.letakkan kabel penguji(hitam)..kemudian kabel penguji power(merah)pada terminal conector inverter..jika anda menemukan tegangan lanjutkan pengujian inverter dengan menguji tegangan yang sudah di step upoleh inverter pada conector neon lcd.jika tidak permasalahn datang dari motherboard support power untuk inverter(cek fius f1/ic swiching atau spliter power)note:autorized technician only..jika anda menemukan tegangan..sudah pasti Lcd neon yang bermasalah,jika tidak anda perlu mengganti inverter(berfungsi sebagai balast/steo up power untuk back light) .
Atau
Ciri-ciri kerusakan: Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris / acak.

Solusi : Matikan laptop dengan hard turn off (tekan tombol power sampai mati), lalu lepas baterai dan kabel chargernya, terus tekan tombol power off beberapa detik untuk menghilangkan muatan kapasitansi, terus pasang baterai dan kabelnya lagi, nyalakan laptop. Jika masih muncul, maka kemungkinan ada kerusakan hardware, coba cek dulu konektor ataupun soket-soket yang berhubungan dengan monitor atau sebaiknya bawa ke service center resmi.

8)   Jika VGA rusak atau tidak berfungsi
.https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrt1Iy_irc25z0lgDCmftWvrO4HOWjs89WrDP01rbkxezv4kAixZS6lJyEPiho5TMOTmBz4XoJK1xbICMrXV0ArnhvYufJ-K9z9wwsCCBFSIcSussQ3FHHESmZ_Csmd1U056Z_bUgqRi0/s1600/vga+card.jpg
Video Graphics Adapter,

Tanda-tanda Kerusakan

Tak ada penampilan dan nampak ciri-ciri aneh serta random di monitor

Cara Mengatasi
Ciri-ciri aneh dilayar ini kerap diketemukan pada laptop memakai VGA NVIDIA. Sony yang kerap memakai ini, tahu persis perihal permasalahan ini serta anda mempunyai peluang untuk melakukan perbaikan laptop Anda tanpa ada dikenai cost bila laptop Anda yaitu Sony.
Pilihan lain yaitu dengan menggantinya jika card video terpisah.

Tanda-tanda Kerusakan

Garis jalan lewat logo dilayar laptop, saat Anda star Laptop ada jalur jalan lewat logo produsen. Windows tak dapat loading. Garis yang sama jalan lewat logo nampak pada monitor eksternal. Kemungkinan pemicu kegagalan pada video card.

Cara Mengatasi
Apabila ada garis jalan lewat logo pada monitor laptop internal ataupun eksternal, besar kemungkinan laptop mempunyai video card yang sudah rusak. Bila video card modul diskirt, Anda bisa coba reseating kartu. Cabut dari motherboard serta plug kembali karena mungkin saja kegagalan ini berlangsung lantaran koneksi yang jelek pada video card serta motherboard.
Jika cara barusan gagal, Anda mesti ganti video card, dalam umumnya laptop video card terintregrasi ke motherboard. Jadi untuk ini Anda butuh lakukan reflow atau reball supaya ditukar dengan cara terpisah.

Tanda-tanda Kerusakan

Laptop terjatuh sampai monitor jadi putih. Video pada monitor eksternal bkerja dengan baik namun monitor laptop cuma tunjukkan warna putih tak ada yang lain, mungkin saja pemicunya yaitu lantaran kabel vidoe lepas dari monitor LCD atau Monitor LCD alami rusaknya.

Cara Mengatasi
Check koneksi pada kabel vidoe serta monitor LCD. Ada kemungkinan bahwa kabel video terputus saat laptop jatuh. Setelah itu sambungkan kembali kabel video serta yakinkan kabel video dalam situasi baik selama jalan turun ke konektor dibagian belakang monitor.
Bila menghubungkan kembali kable tak menolong, kemungkinan besar yaitu monitor LCD rusak disebabkan terjatuh serta mesti ditukar.

Tanda-tanda Kerusakan

Gambar di monitor LCD laptop sangatlah kacau baik pada monitor internal ataupun eksternal. Dalam sebagian masalah gambar kacau nampak ketika laptop dinyalakan, dalam masalah lain video bekerja dengan baik dalam safe mode namun tak dalam mode normal. Namun gambar senantiasa tidak berhasil pada ke-2 monitor internal serta monitor eksternal. Meng-install lagi driver video tak menangani permasalahan jadi kemungkinan pemicunya yaitu kegagalan berbagi memori atau video card rusak

Cara Mengatasi
Bila laptop memakai berbagid memori video (sisi dari memori paling utama yang dipakai untuk kepentingan video), mungkin saja saja bahwa modul RAM rusak. Lakukan Memtest86+ apabila tes tidak berhasil jadi ubahlah modul RAM.
Uji laptop Anda dengan modul RAM yang masih tetap baik untuk mencari tahu apakah itu melakukan perbaikan permasalahan.
Bila memori baru tak menangani permasalahan besar kemungkinan video card rusak. seperti yang sudah disebutkan pada awal mulanya umumnya laptop video card terintegrasi kedalam motherboard, jadi pada awal mulanya kerjakan terlebih dulu reflow atau reball.

Tanda-tanda Kerusakan

Dimuka start laptop menampilkan sebagian ciri-ciri acak pada monitor dengan logo perusahaan, ciri-ciri acak menyebar di semua monitor serta nampak selekasnya sesudah Anda start laptop. Anda bisa membedakan garis vertikal atau ciri-ciri acak dapat diprediksikan pemicunya yaitu lantaran kegagalan berbagid memori video, rusaknya video card atau rusaknya LCD Monitor.

Cara Mengatasi
Bila laptop Anda yaitu shared memori video (sisi dari memori paling utama yang dipakai untuk kepentingan video), coba ganti modul memori dengan yang baik untuk lakukan pengujian pada laptop.
Uji laptop dengan monitor eksternal, bila ciri-ciri acak nampak di monitor baik internal ataupun eksternal, besar kemungkinan permasalahan Anda berhubung dengan vidoe card, serta jika yaitu add on silakan ubah. Namun bila vidoe card onboard kerjakan reflow atau reball chip.
Bila ciri-ciri acak cuma nampak di laptop LCD screen namun pada monitor eksternal bekerja normal, besar kemungkinan itu berkenaan dengan monitor LCD, jadi Anda dianjurkan untuk ganti monitor.

                                                i.      Jika DVD ROW rusak atau tidak berfungsi
Tak mampu membaca keping DVD secara sempurna, atau "not responding" jika dipaksakan untuk membaca file dari DVD.
2. Putaran motor dinamo kencang tapi keping DVD tidak terbaca. Ini adalah pertanda optic DVD-ROM atau DVD-RW lemah sehingga motor menaikkan RPM berusaha mengimbangi optic yang lemah tersebut.
3. Putaran motor dinamo DVD-ROM/DVD-RW tersendat-sendat, kadang terdengar berputar kencang tapi kadang lambat disertai lampu indikator berkedip cepat. Sehingga pembacaan data dari keping DVD tidak optimal.
4. DVD-RW seringkali membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya jika dipakai burrning, atau bahkan sering gagal di tengah-tengah proses burning.
5. DVD-RW hanya bisa membaca CD tetapi tidak mampu membaca keping DVD. Juga salah satu tanda optic lemah.
6. DVD-RW bisa digunakan untuk membaca CD/DVD tetapi tidak bisa digunakan untuk burning.
7. Kerusakan pada motor dynamo dimana motor sudah tidak mampu memutar keping CD/DVD sama sekali.
8. DVD-ROM/DVD-RW tidak bisa terbuka sama sekali. Hanya kedip-kedip tapi tidak bisa di-eject meskipun di dalamnya tidak ada CD/DVD yang nyangkut.
Atau
CIRI-CIRI DVDROM/DVDRW RUSAK :

1.       Tidak mampu membaca keping DVD secara sempurna, atau "not responding" jika dipaksakan untuk membaca file dari DVD.
2.       Putaran motor dynamo kencang tapi keping DVD tidak terbaca. Tanda optic DVDROM atau DVDRW lemah sehingga motor menaikkan RPM berusaha mengimbangi optic yg lemah tersebut.
3.       Putaran motor dynamo DVDROM/DVDRW tersendat-sendat, kadang terdengar berputar kencang tapi kadang lambat disertai lampu indikator berkedip cepat. Sehingga pembacaan data dari keping DVD tidak optimal.
4.       DVDRW seringkali membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya jika dipakai burrning, atau bahkan sering GAGAL di tengah-tengah proses burning.
5.       DVDRW hanya bisa membaca CD tetapi tidak mampu membaca keping DVD. Juga salah satu tanda optic lemah.
6.       DVDRW bisa digunakan untuk membaca CD/DVD tetapi tidak bisa digunakan untuk burning.
7.       Kerusakan pada motor dynamo dimana motor sudah tidak mampu memutar keping CD/DVD sama sekali.
8.       DVDROM/DVDRW tidak bisa terbuka sama sekali. Hanya kedip-kedip tapi tidak bisa di eject meskipun di dalamnya tidak ada CD/DVD yang nyangkut.



AKIBAT DVDROM/DVDRW yang rusak :

1.       Keping DVD menjadi baret dikarenakan putaran motor yang kencang untuk mengimbangi optic yang lemah.
2.       Gagal install game tertentu dengan kondisi sering berhenti / NOT RESPONDING di tengah-tengah proses baca/copy data dari cd/dvd.
3.       Gagal install OS (windows) karena data ada yang tidak terbaca sempurna dari keping CD/DVD ketika proses instalasi. Bisa jadi malah ter-install tapi corrupt karena tidak semua data dari cd/dvd windows tercopy sempurna ke hardisk http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/8.gif
4.       Pastinya tidak baca keping CD/DVD.
5.       Bisa baca keping CD atau DVD tapi gak mampu dipakai copy file ke hardisk.
6.       Gagal burning atau error di tengah proses burning.



PENYEBAB RUSAKNYA DVDROM/DVDRW :


1.       PSU kurang memberi daya kepada motor DVDROM/DVDRW sehingga motor bekerja "extra keras" dan pastinya umurnya jadi pendek.
2.       Kurang daya juga menyebabkan proses burning menjadi tidak stabil. Karena itu gunakan PSU yang pure dan berkualitas. Gak cuma mainboard/prosesor/hardisk/RAM yang makan listrik. DVDROM/DVDRW jg makan listrik http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/14.gif
3.       Sering dipakai untuk menonton film baik itu DVD original maupun bajakan karena optic bekerja terus menerus selama kita nonton (ini trouble umum pengguna CDROM/CDRW/DVDROM/DVDRW). Bayangin aja buat burning yg cm 15menit aja si motor/optic DVDROM jadi panas, apalagi buat nonton film 1jam 30menit. Pastinya cepet koit si optic atau motornya http://cdn.kaskus.com/images/smilies/hammer.gif
4.       Sering dipakai burning CD/DVD, biasanya ada batas maksimum berapa keping CD/DVD yang mampu di burn oleh mesin DVDRW.
5.       Suhu kamar lembab sehingga ada kemungkinan korslet atau optic berjamur.
6.       Seringkali buka DVDROM/DVDRW tapi lupa nutup sampai pagi sehingga debu masuk dan menutup optic.
7.       Kurang dirawat / jarang dibersihkan DVDROM-nya. Minimal cek kalau pas buka DVDROM dan bersihkan jika memang ada debu.
8.       Kabel SATA atau power tidak tertancap dengan baik atau kendor. Bisa menimbulkan korsleting atau kurang daya ketika baca data dari keping CD/DVD.
9.       DVDROM sering dipaksa membaca keping CD/DVD yang sudah baret/berjamur/bernoda dimakan usia http://cdn.kaskus.com/images/smilies/takut.gif



===================================


CIRI-CIRI KEPING DVD RUSAK :

1.       Ada baret atau garis halus.
2.       Ada noda hitam atau coklat tua di piringan CD/DVD.
3.       Ada noda putih atau berjamur di kepingan CD/DVD.
4.       CD/DVD sedikit bengkok karena tertekan oleh sesuatu yg tidak rata dalam jangka waktu lama.
5.       Pecah atau retak (ini nenek-nenek juga tau http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/8.gif).
6.       Ketika mau dibaca oleh DVDROM/DVDRW terdapat tulisan "cyclic redundancy check error".



AKIBAT KEPING DVD yang rusak :

1.       Data tidak bisa terbaca oleh DVDROM.
2.       Jika dipaksa membaca DVD yang bernoda/berjamur/baret maka siap-siap DVDROM/DVDRW agan yang akan ikut rusak. http://cdn.kaskus.com/images/smilies/takut.gif
3.       Jika sudah dirasa tidak layak pakai sebaiknya buang keping CD atau DVD agan karena jika dipaksa untuk dibaca juga mengurangi kemampuan optic DVDROM/DVDRW untuk membaca/menulis data.



PENYEBAB KEPING DVD menjadi rusak :

1.       Defect atau cacat pabrik, cirinya keping CD/DVD itu kosong (new/baru) tapi jk dimasukkan ke dalam mesin DVDROM/DVDRW tidak terbaca sama sekali seolah-olah tdk ada CD/DVD-nya. Keping seperti ini wajib dibuang karena tdk bisa dipakai burning.
2.       Disimpan di tempat yang tidak layak (lembab) sehingga cepat berjamur.
3.       Diletakkan sembarangan misal di lantai, di meja yang banyak debu, di gantung http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/8.gif.
4.       Bagian dvd yang untuk dibaca oleh optic sering dipegang-pegang tangan sehingga noda menempel di lapisan tersebut yang bila tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan jamur/noda permanen.



HAL YANG RANCU MENGENAI KEPING DVD "RUSAK"

Seringkali kita katakan keping DVD yang rusak padahal optic kita yang lemah atau motor dari DVDROM kita sdh dimakan umur. Bukan pembelaan diri sbg seller lho http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/14.gif
Yang jelas jika CD/DVD tidak terbaca datanya akan ada tulisan : "cyclic redundancy check error" yang muncul ketika kita memasukkan keping CD/DVD yang error.

Quote:
The most common time you will see the cyclic redundancy check error message is when trying to read data from a damaged CD or DVD. Just before it appears, your CD/DVD drive will probably grind and whirl away - your PC may also become a little slugglish.

SUMBER : http://www.softwarepatch.com/tips/cy...edundancy.html

10)         Jika Laptop panas atau Overhead
Beberapa gejala yang timbul pada saat notebook memproteksi dirinya dari over heating:
GEJALA 1. Led power menyala layar tidak tampil
1.Dinginkan sesaat notebook
2.Cabut batery, nyalakan menggunakan ac adapter
3.buka cover( bahagian bawah laptop) memori slot.lepaskan memory kemudian pindahkan ke slot yang lainnya( kalau ada dua slot memory) untuk beberapa jenis laptop yang hanya mempunyai satu slot memori, lepaskan memori dan pasang kembali.
4.buka cover hardisk, lepaskan hard disk dan coba hidupkan kembali.
5.sebahagian notebook. procesor dapat di lihat hanya dengan membuka cover bahagian bawah, dapat pula mencoba step 5.pasang kembali dan coba hidupkan kembali.
Jika kelima tahapan tersebut diatas sudah dilakukan tetapi notebook masih belum kembali normal, barulah kita dapat menyimpulkan ada masalah dengan hardware notebook anda.
Kerusakan teringan dari gejala tersebut diatas adalah kerusakan pada memory/ sodim.anda cukup mengganti dengan memory yang baru.
Ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat gejala-gejala tersebut diatas:
1.Prosesor ataupun power pendukungnya( APPN)
2.VGA chip ( APPN)
3.Motherboard chip ( APPN)
4.Bios chip( ic epromer)
GEJALA 2.Tidak ada led ( indicator lamp) tidak menyala sama sekali.
Gejala ini timbul akibat tidak adanya tegangan( arus listrik) yang masuk atau terputusnya tegangan diakibatkan kerusakan pada component power.
sebelum menyimpulkan kerusakan pada component power sebaiknya anda melakukan analisa ringan yang bisa anda lakukan sendiri.
-Ganti Adapter/ kabel power dengan yang sejenis untuk memastikan kerusakan tejadi pada adaptor/ kabel atau pada laptop anda.
-Lepaskan Battery .untuk memastikan tidak ada gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada battery laptop anda.
-Perhatikan led ( indacator lamp) pada adapter apakah menyala normal atau berkedip-kedip (drop) . jika ini terjadi, sudah dapat dipastikan masalah terjadi pada ic component power laptop anda.
Atau
Langsung ke pokok permasalahan OVERHEATING atau laptop panas / suhu laptop tidak stabil yang menyebabkan laptop mati mendadak.Kondisi Laptop :
Nyala Normal.
CPU usage 90-100%.
Suhu Laptop 60-90 Derajat.
10 Menit - 1 Jam atau Lebih MATI Mendadak.

Laptop panas / overheat bisa dikarenakan ventilasi untuk aliran udara dan kipas pendingin tersumbat debu untuk itu kita akan membersihkannya. Sebelum masuk ke cara penanganannya, sebaiknya untuk melakukan ini di dampingi oleh orang yang ahli dibidangnya atau kalau kamu merasa telah berpengalaman simak langkahpenanganannya baik baik :


Buka Laptop / Bongkar Laptop Total.

Bersihkan Fan dari debu.
Bila Pasta / Thermal Kering, Ganti dengan Thermalpad atau Thermal paste Yang Baru.

https://udiware.wordpress.com/2010/07/25/laptop-hang-dan-kerusakan-secara-spesifik/  & http://carakompi.blogspot.com/2013/07/ciri-kerusakan-umum-pada-laptop-serta.html


5 komentar:

  1. Terima kasih atas turitorialnya izn shared buat belajar di rumah,kunjungi kami http://www.itbriscorhorizon.com/

    BalasHapus
  2. wah terima kasih gan infonya.. btw klw laptop ada suara "krek krek" halus itu gimana ya? normal atau kah ada masalah? padahal ini laptop baru
    *suara halusnya hampir tidak terdengar, tapi jika didengarkan dgn seksama akan terdengar bunyinya

    BalasHapus
  3. Mantap ini min, makasih sudah share
    https://cody.id/produk/blower-infrared/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    BalasHapus
  4. terimaksih untuk penjelasan dan info nya.
    http://bit.ly/2SCFBBa

    BalasHapus
  5. kalau mati hidup mati hidup gitu gmn ya...soalnya ini sudah ganti modherboad juga?

    BalasHapus