Fungsi Hardware dan Software

FUNGSI


HARDWARE
_Processor    : Mempunyai fungsi yang sangat penting,karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah Komputer. Pada umumnya fungsi sebuah Processor adalah untuk Memproses Data yang diterima dari masukkan atau Input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau Output. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk drive (HDD) dan Memori RAM. Fungsi processor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yanga akan diproses akan selalu melewati processoruntuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari user/pengguna.
_MainBoard   : Adalah sebagai sentral atau pusat bagi semua perangkat keras lainnya seperti: RAM, Hardisk, Processor, Keyboard, Mouse, Optical drive, Layar, serta semua perangkat keras yang terpasang dan dihubunngkan dengan Motherboard itu sendiri agar semua perangkat-perangkat keras tersebut bisa saling berhubungan dan membentuk sebuah sistem kerja yang disebut komputer.
_Adaptor       : Atau sering disebut Power Supply bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Juga berfungsi atau bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi DC agar dapat digunakan oleh Laptop atau Komputer. Fungsi utama pada adaptor laptop adalah untuk Charger baterai Laptop. Atau sebagai pemasok dan memberikan atau menyuplay tegangan daya atau arus ke pc untuk laptop menyuplai daya sebesar 10- volt.
_RAM             : Random Acces Memory penyimpan data sementara disaat laptop atau komputer dalam keadaan hidup. Adapun jenis RAM yang umum digunakan untuk laptop atau komputer  1.RAM (Dinamyc RAM) jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang. 2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronasikan oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM.
_DVDdrive     : Alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Yang mempunyai arti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM . memiliki fisik yang sama persis dengan CD ROM DRIVE tapi memiliki fungsi yang berbeda, DVDV ROM DRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD. Driver(perangkat lunak yang berfungsi sebagai penggerak perangkat keras)
_Harddisk     :  Adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana disitulah setiap data dan informasi disimpan olehnya,. Selain memiliki ruang utama harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Semacam ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, subfolder.yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk. Media penyimpanan permanen.
_SoundCard On Board       : Memiliki 4 fungsi utama
-Sebagai Synthesizer yang bertugas untuk membuat  komposisi musik secara elektronik.
-Sebagai MIDI interface: musical Instrument Digital interface file yang berisi hanya tangga nada audio yang kemudian diterjemahkan oleh instrument interface dari sebuah processor audio / encoder.
-Pengkonversi data Analog ke Digital (misalnya merekam suara  dari mikrofon)
-pengkonversi data Digital ke bentuk   Analog (misal saat   memproduksi suara dari speaker).
_VGA On Board                  : Dapat dijumpai pada semua MotherBoard berfungsi untuk menampilkan Output pada layar monitor dengan baik.bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan.
_LCD                                      : Perangkat keras Komputer yang mempunyai tugas atau fungsi menampilkan Video yang menunjukkan Output dari kontroler Grafis (Video Card) Monitor itu sendiri tidak menghasilkan gambar secara mandiri untuk ditampilkan. Perangkat digital yang menggunakan teknologi kristal cair backlit untuk menghasilkan gambar pada layar plastik transparan layar datar. Hemat listrik, hemat ruang, kualitas gambar yang lebih tajam, dan terlihat benar-benar modern.

SOFTWARE
_OS (Operating system)   : Perangkat lunak komputer yang mempunyai tugas atau fungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
_Program Software           : OFFICE          :Paket software yang dirancang untuk mempermudah kegiatan perkantoran.bisa digunakan untuk mengetik Poposal, surat, laporan keuangan, presentasi, database karyawan, membuat logo,dll. Word. Exel, power point, acces,
                                                  DESAIN          : Berfungsi dan bertujuan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen highend dan kualitas estetika. Berfungsi untuk mendesain gambar, contoh , corel draw, indesign, photoshop

                                                  WEB              : Berfungsi sebagai media promosi, media Pemasaran, media Informasi, media Pendidikan, media Komunikasi, .. Juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (HYPERLINK).
                                                  RECORDING  : Software yang berfungsi  untuk merekam suara atau Audio
                                                  EDITING        : mengorganisir, meriewing, memilih, dan menyusun gambar atau suara hasil rekaman yang kita buat atau kita produksi. Berfungsi untuk mengedit, baik itu berupa grafik, video atau foto.

                                      



0 komentar: